MUSRENBANG INTEGRASI

Garum, 26 Februari 2011

Kecamatan Garum termasuk salah satu kecamatan di Kabupaten Blitar yang pertama kali melaksanakan Musrenbang Integrasi, yaitu tanggal 16 Februari 2011. Dengan berbagai persiapan yang matang dan bantuan berbagai pihak akhirnya acara tersebut dapat berlangsung dengan lancar. Dibuka oleh Camat Garum dan dihadiri perwakilan Desa/Kelurahan, perwakilan dari Faskab dan dinas terkait termasuk dari Bapemas, Bapeda, Puskesmas, Dinas PU, dan lain-lain. Adapun perwakilan dari Desa/Kelurahan sebanyak 7 orang yaitu terdiri dari Kepala Desa, 1 orang KPMD, BPD/FMK, Wakil RTM, Ketua TPK, LPMD/LPMK dan wakil perempuan.
Musrenbang Integrasi ini dilaksanakan dengan harapan agar terbentuk pola relasi baru antara pemerintah dan masyarakat dalam kerangka pembangunan daerah serta agar tidak terjadi tumpang tindih pendanaan pembangunan. Tidak bisa dipungkiri bahwa pola perencanaan yang dilaksanakan di dalam PNPM MPd telah diterima masyarakat. Oleh karena itu adanya pengintegrasian perencanaan program pembangunan daerah dengan PNPM MPd ini, akan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah masing-masing terutama masyarakat desa/kelurahan yang akan langsung terlibat dalam pelaksanaan pembangunan.
Meski begitu banyak harapan dengan adanya integrasi ini pasti masih ada tantangan yang akan dihadapi diantaranya masih ada desa/kelurahan yang hanya sekedar mengikuti persyaratan administrative semata sehingga tidak mengakomodasi semua aspirasi masyarakat.

Komentar :

ada 0 komentar ke “MUSRENBANG INTEGRASI”

Posting Komentar

Total Tayangan

Entri Populer

 
Portal IndonesiaSekretariat PNPM MandiriProgram Pengembangan KecamatanP2KPDepdagriMenkokesraBAPPENASKab. BlitarKota BlitarPropinsi Jawa Timur
line

© 2008-2013 
Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM-MPd Kec. Garum - Blitar - Jawa Timur
Email : UPK_garum@yahoo.co.id

Design by AHMAD SAIK
blogger logo